Urutan Penyaluran Tenaga Putar pada Sistem Kemudi sehingga Roda Depan dapat Membelok

Urutan Penyaluran Tenaga Putar pada Sistem Kemudi sehingga Roda Depan dapat Membelok

Posted on

Sistem kemudi adalah satu bagian penting pada sebuah kendaraan. Sistem ini berfungsi untuk mengatur arah dan posisi roda depan pada kendaraan. Salah satu komponen utama pada sistem kemudi adalah mekanisme penyaluran tenaga putar dari kemudi ke roda depan. Dalam artikel ini, kita akan membahas urutan penyaluran tenaga putar pada sistem kemudi sehingga roda depan dapat membelok.

1. Kemudi

Komponen pertama pada sistem kemudi adalah kemudi. Kemudi adalah bagian yang digunakan untuk mengatur arah kendaraan. Kemudi biasanya terletak di dalam kabin kendaraan dan terhubung dengan sistem kemudi melalui sebuah kolom kemudi.

2. Kolom Kemudi

Kolom kemudi adalah sebuah tabung yang terhubung dengan kemudi dan roda kemudi. Kolom kemudi juga terhubung dengan gearbox atau steering gear. Saat pengemudi menggerakkan kemudi, tenaga putar akan diteruskan melalui kolom kemudi ke gearbox.

3. Gearbox atau Steering Gear

Setelah melewati kolom kemudi, tenaga putar selanjutnya akan diteruskan ke gearbox atau steering gear. Gearbox atau steering gear berfungsi untuk mengubah arah tenaga putar dari vertikal menjadi horizontal. Hal ini dilakukan agar tenaga putar dapat diteruskan ke roda depan dengan mudah.

Baca Juga:  Bangunan Bersejarah yang Terdapat di Negara Mesir adalah

4. Tie Rod

Tie rod adalah sebuah batang yang terhubung antara gearbox atau steering gear dengan knuckle. Tie rod berfungsi untuk menggerakkan knuckle sehingga roda depan dapat membelok. Tie rod juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan roda depan saat kendaraan berjalan.

5. Knuckle atau Steering Knuckle

Knuckle atau steering knuckle adalah sebuah komponen yang terletak di ujung roda depan. Knuckle berfungsi untuk menghubungkan roda depan dengan tie rod. Saat tie rod digerakkan, knuckle akan berputar sehingga roda depan dapat membelok.

6. Wheel Hub dan Bearing

Setelah melewati knuckle, tenaga putar selanjutnya akan diteruskan ke wheel hub dan bearing. Wheel hub dan bearing berfungsi untuk menjaga putaran roda depan agar tetap lancar dan stabil.

7. Roda Depan

Terakhir, tenaga putar akan diteruskan ke roda depan. Roda depan akan berputar sesuai dengan arah yang diinginkan oleh pengemudi melalui kemudi. Dengan demikian, kendaraan dapat berbelok ke arah yang diinginkan oleh pengemudi.

8. Kesimpulan

Demikianlah urutan penyaluran tenaga putar pada sistem kemudi sehingga roda depan dapat membelok. Setiap komponen memiliki peran yang penting dalam menjaga kestabilan dan keamanan kendaraan. Penting bagi pengemudi untuk memahami bagaimana sistem kemudi bekerja agar dapat menghindari terjadinya kerusakan pada komponen dan menjaga keselamatan berkendara.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *