Strategi Literasi di Kelas untuk Menunjang Kompetensi Literasi Murid di SD

Strategi Literasi di Kelas untuk Menunjang Kompetensi Literasi Murid di SD

Posted on
Strategi Literasi di Kelas untuk Menunjang Kompetensi Literasi Murid di SD

 

Literasi adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, dan mengevaluasi informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, baik dalam bentuk teks maupun non-teks. Literasi sangat penting untuk membentuk individu yang cerdas, kritis, kreatif, dan mandiri. Oleh karena itu, literasi harus ditanamkan sejak dini, terutama di sekolah dasar.

Salah satu cara untuk meningkatkan literasi murid di sekolah dasar adalah dengan menerapkan strategi literasi di kelas. Strategi literasi adalah cara-cara yang digunakan oleh guru untuk mengajak murid berinteraksi dengan teks dan non-teks secara aktif dan bermakna. Strategi literasi dapat membantu murid mengembangkan keterampilan membaca, menulis, berbicara, mendengarkan, dan berpikir.

Strategi Literasi Apa yang Pernah Anda Lakukan di Kelas?

Strategi literasi yang pernah saya lakukan di kelas adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Strategi Literasi di Kelas untuk Menunjang Kompetensi Literasi Murid di SMP/SMA

Bagaimana Anda Dapat Memperbaiki Strategi Literasi di Kelas?

Setelah mempelajari materi ini, saya dapat memperbaiki strategi literasi di kelas dengan cara-cara berikut:

  • Mengkondisikan Lingkungan Fisik Ramah Literasi. Saya akan membuat lingkungan kelas yang menarik dan nyaman untuk berliterasi. Saya akan memajang karya-karya murid di seluruh area kelas, menyediakan sudut baca dengan buku-buku dan bahan bacaan lain yang bervariasi dan berkualitas, serta menyediakan alat-alat tulis dan gambar yang lengkap dan mudah diakses.
  • Mengupayakan Lingkungan Sosial dan Afektif. Saya akan menciptakan suasana kelas yang hangat dan menyenangkan untuk berliterasi. Saya akan memberikan apresiasi dan dukungan kepada murid yang berprestasi maupun yang membutuhkan bantuan dalam berliterasi. Saya juga akan melibatkan orang tua dalam kegiatan literasi di kelas dengan mengirimkan laporan perkembangan murid secara berkala dan mengundang mereka untuk ikut serta dalam kegiatan berbagi cerita.
  • Mengupayakan Sekolah sebagai Lingkungan Akademis yang Literat. Saya akan berkolaborasi dengan guru-guru lain dalam Tim Literasi Sekolah (TLS) untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program-program literasi di sekolah. Saya juga akan mengikuti pelatihan-pelatihan literasi yang diselenggarakan oleh pihak luar sekolah seperti Dinas Pendidikan atau organisasi non-pemerintah.

Dengan menerapkan strategi-strategi literasi di atas, saya berharap dapat meningkatkan kompetensi literasi murid di sekolah dasar secara optimal.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *