Prinsip Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan

Prinsip Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan

Posted on
Prinsip Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan

 

Kurikulum operasional di satuan pendidikan adalah rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran. Kurikulum operasional di satuan pendidikan dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik dan satuan pendidikan. Kurikulum operasional di satuan pendidikan harus mengacu pada kerangka dasar dan struktur kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Dalam pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan, perlu diperhatikan prinsip-prinsip berikut ini:

  • Berpusat pada peserta didik. Pembelajaran harus memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Profil Pelajar Pancasila selalu menjadi rujukan pada semua tahapan dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan.
  • Kontekstual. Kurikulum harus menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan, serta dunia kerja dan industri (khusus SMK), dan menunjukkan karakteristik atau kekhususan peserta didik berkebutuhan khusus (khusus SLB).
  • Esensial. Kurikulum memuat semua unsur informasi penting/utama yang dibutuhkan dan digunakan di satuan pendidikan.
  • Akuntabel. Pelaksanaan kurikulum harus dapat dipertanggungjawabkan karena berbasis data dan aktual.
  • Melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Pengembangan kurikulum satuan pendidikan melibatkan komite satuan pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan antara lain orang tua, organisasi, berbagai sentra, serta industri dan dunia kerja untuk SMK, di bawah koordinasi dan supervisi dinas Pendidikan atau kantor kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama sesuai dengan kewenangannya.
Baca Juga:  Sel Tubuh Manusia Memiliki 46 Kromosom: Jumlah Kromosom Kelamin Manusia

Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan ini bertujuan untuk membantu proses berpikir dalam menyusun kurikulum operasional di satuan pendidikan dan menjadi dasar merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum. Prinsip-prinsip ini juga sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yang sudah diterjemahkan dalam Profil Pelajar Pancasila.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *