Peran Pendidik dalam Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Peran Pendidik dalam Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Posted on

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah sebuah dokumen yang berisi rencana pembelajaran yang disusun oleh pendidik berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. ATP merupakan salah satu komponen dari Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) yang harus disusun oleh setiap satuan pendidikan.

Dalam menyusun ATP, pendidik dapat memilih salah satu dari tiga peran berikut:

Peran yang dipilih pendidik dalam menyusun ATP akan mempengaruhi kualitas dan efektivitas pembelajaran yang dilakukan. Oleh karena itu, pendidik harus mempertimbangkan beberapa faktor dalam memilih peran tersebut, seperti:

Baca Juga:  Mengapa Pembagian CP Menggunakan Sistem Fase Bukan Kelas?

Dengan memilih peran yang tepat dalam menyusun ATP, pendidik dapat melaksanakan pembelajaran yang berkualitas dan bermakna bagi siswa. Pendidik juga dapat meningkatkan profesionalisme dan kreativitasnya dalam mengembangkan kurikulum di satuan pendidikan.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *