Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD

Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD

Posted on

Pembelajaran adalah proses interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Pembelajaran yang efektif dan bermakna harus memperhatikan kebutuhan dan karakteristik murid sd, karena setiap murid memiliki potensi, minat, bakat, kemampuan, gaya belajar, dan kecepatan belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pendidik perlu melakukan penyesuaian pembelajaran agar dapat memberikan layanan pendidikan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing murid.

Apa itu Penyesuaian Pembelajaran?

Penyesuaian pembelajaran adalah suatu upaya yang dilakukan oleh pendidik untuk menyesuaikan ruang lingkup materi, proses, dan produk pembelajaran dengan tahapan pencapaian dan karakteristik murid sd. Penyesuaian pembelajaran bertujuan untuk memfasilitasi pembelajaran bagi murid yang memiliki kesiapan, minat, dan tingkat penguasaan kompetensi yang berbeda. Penyesuaian pembelajaran juga dapat meningkatkan motivasi, partisipasi, kreativitas, dan tanggung jawab murid dalam belajar.

Bagaimana Cara Melakukan Penyesuaian Pembelajaran?

Penyesuaian pembelajaran dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Baca Juga:  Cara Melestarikan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan Bangsa

Apa Manfaat Penyesuaian Pembelajaran?

Penyesuaian pembelajaran memiliki manfaat bagi pendidik dan murid sd, antara lain:

  • Bagi pendidik, penyesuaian pembelajaran dapat membantu pendidik mengenal lebih baik kebutuhan dan karakteristik murid sd, meningkatkan profesionalisme pendidik dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang bervariasi dan fleksibel, serta meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif dan bermakna.
  • Bagi murid sd, penyesuaian pembelajaran dapat membantu murid mengembangkan potensi diri secara optimal sesuai dengan kemampuan dan minatnya, meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri murid dalam belajar, serta meningkatkan hasil belajar yang maksimal sesuai dengan tujuan pendidikan.

Contoh Penyesuaian Pembelajaran di Kelas SD

Berikut ini adalah contoh penyesuaian pembelajaran di kelas SD pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan tema “Membuat Lingkungan Fisik Kaya Teks di Kelas” :

  • Ruang lingkup materi: Pendidik memberikan pilihan topik teks yang akan dibuat oleh murid sesuai dengan minatnya, misalnya teks deskripsi tentang hewan peliharaan kesayangan, teks prosedur tentang cara membuat origami binatang favorit, atau teks narasi tentang pengalaman menyenangkan bersama teman sekelas.
  • Proses pembelajaran: Pendidik melibatkan murid dalam kegiatan pembelajaran bermakna terkait topik teks yang dipilihnya, misalnya melakukan observasi langsung terhadap objek teks (hewan peliharaan atau origami binatang), berdiskusi bersama teman sekelompok tentang isi teks (deskripsi atau prosedur), atau berbagi cerita bersama teman sekelas tentang pengalaman (narasi).
  • Produk hasil belajar: Pendidik memberikan pilihan jenis produk yang akan dibuat oleh murid sesuai dengan bakatnya, misalnya membuat brosur tentang hewan peliharaan kesayangan (teks deskripsi), membuat presentasi tentang cara membuat origami binatang favorit (teks prosedur), atau membuat poster tentang pengalaman menyenangkan bersama teman sekelas (teks narasi).
Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *