Pembelajaran adalah proses interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Pembelajaran yang efektif dan bermakna harus memperhatikan kebutuhan dan karakteristik murid sd, karena setiap murid memiliki potensi, minat, bakat, kemampuan, gaya belajar, dan kecepatan belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pendidik perlu melakukan penyesuaian pembelajaran agar dapat memberikan layanan pendidikan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing murid.
Apa itu Penyesuaian Pembelajaran?
Penyesuaian pembelajaran adalah suatu upaya yang dilakukan oleh pendidik untuk menyesuaikan ruang lingkup materi, proses, dan produk pembelajaran dengan tahapan pencapaian dan karakteristik murid sd. Penyesuaian pembelajaran bertujuan untuk memfasilitasi pembelajaran bagi murid yang memiliki kesiapan, minat, dan tingkat penguasaan kompetensi yang berbeda. Penyesuaian pembelajaran juga dapat meningkatkan motivasi, partisipasi, kreativitas, dan tanggung jawab murid dalam belajar.
Bagaimana Cara Melakukan Penyesuaian Pembelajaran?
Penyesuaian pembelajaran dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
- Menyesuaikan ruang lingkup materi pembelajaran. Ruang lingkup materi pembelajaran adalah apa yang akan diajarkan oleh pendidik atau apa yang akan dipelajari oleh murid di kelas. Pendidik dapat menyesuaikan ruang lingkup materi dengan memberikan pilihan topik atau subtopik yang sesuai dengan minat dan kemampuan murid, memberikan variasi tingkat kesulitan materi yang sesuai dengan kesiapan murid, atau memberikan materi tambahan atau pengayaan bagi murid yang memiliki kemampuan lebih.
- Menyesuaikan proses pembelajaran. Proses pembelajaran adalah bagaimana pendidik mengajarkan materi atau bagaimana murid belajar materi di kelas. Pendidik dapat menyesuaikan proses pembelajaran dengan melibatkan murid dalam kegiatan pembelajaran bermakna terkait materi yang dipelajari untuk memperkaya pengalaman belajarnya. Pendidik juga dapat memberikan pilihan metode, strategi, media, sumber belajar, atau model pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar dan preferensi murid.
- Menyesuaikan produk hasil belajar. Produk hasil belajar adalah apa yang dihasilkan oleh murid sebagai bukti pemahaman dan penerapan materi yang dipelajari. Pendidik dapat menyesuaikan produk hasil belajar dengan memberikan pilihan jenis produk yang sesuai dengan bakat dan minat murid, memberikan kriteria penilaian yang jelas dan adil bagi setiap produk, atau memberikan umpan balik yang konstruktif dan positif bagi setiap produk.
Apa Manfaat Penyesuaian Pembelajaran?
Penyesuaian pembelajaran memiliki manfaat bagi pendidik dan murid sd, antara lain:
- Bagi pendidik, penyesuaian pembelajaran dapat membantu pendidik mengenal lebih baik kebutuhan dan karakteristik murid sd, meningkatkan profesionalisme pendidik dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang bervariasi dan fleksibel, serta meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif dan bermakna.
- Bagi murid sd, penyesuaian pembelajaran dapat membantu murid mengembangkan potensi diri secara optimal sesuai dengan kemampuan dan minatnya, meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri murid dalam belajar, serta meningkatkan hasil belajar yang maksimal sesuai dengan tujuan pendidikan.
Contoh Penyesuaian Pembelajaran di Kelas SD
Berikut ini adalah contoh penyesuaian pembelajaran di kelas SD pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan tema “Membuat Lingkungan Fisik Kaya Teks di Kelas” :
- Ruang lingkup materi: Pendidik memberikan pilihan topik teks yang akan dibuat oleh murid sesuai dengan minatnya, misalnya teks deskripsi tentang hewan peliharaan kesayangan, teks prosedur tentang cara membuat origami binatang favorit, atau teks narasi tentang pengalaman menyenangkan bersama teman sekelas.
- Proses pembelajaran: Pendidik melibatkan murid dalam kegiatan pembelajaran bermakna terkait topik teks yang dipilihnya, misalnya melakukan observasi langsung terhadap objek teks (hewan peliharaan atau origami binatang), berdiskusi bersama teman sekelompok tentang isi teks (deskripsi atau prosedur), atau berbagi cerita bersama teman sekelas tentang pengalaman (narasi).
- Produk hasil belajar: Pendidik memberikan pilihan jenis produk yang akan dibuat oleh murid sesuai dengan bakatnya, misalnya membuat brosur tentang hewan peliharaan kesayangan (teks deskripsi), membuat presentasi tentang cara membuat origami binatang favorit (teks prosedur), atau membuat poster tentang pengalaman menyenangkan bersama teman sekelas (teks narasi).