Metode Inkuiri Harapan Siswa: Pengertian dan Langkah-Langkahnya

Metode Inkuiri Harapan Siswa: Pengertian dan Langkah-Langkahnya

Posted on

Metode inkuiri harapan siswa adalah salah satu metode pembelajaran yang mengajak siswa untuk berperan aktif dalam mencari dan menemukan jawaban dari pertanyaan atau masalah yang mereka miliki. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, kreativitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa. Metode inkuiri harapan siswa juga dapat membantu siswa untuk mengembangkan sikap ilmiah, yaitu sikap yang mau bertanya, mencari informasi, melakukan eksperimen, menganalisis data, dan menyimpulkan hasil.

Metode inkuiri harapan siswa berbeda dengan metode inkuiri terbimbing atau bebas. Metode inkuiri terbimbing adalah metode yang memberikan pedoman atau bantuan kepada siswa dalam proses inkuiri, sedangkan metode inkuiri bebas adalah metode yang membiarkan siswa melakukan inkuiri secara mandiri tanpa bantuan guru. Metode inkuiri harapan siswa adalah metode yang menyesuaikan proses inkuiri dengan kebutuhan dan minat siswa. Guru hanya berperan sebagai fasilitator yang memberikan dukungan dan sumber belajar yang relevan.

Langkah-langkah metode inkuiri harapan siswa adalah sebagai berikut:

  1. Menyusun pertanyaan atau masalah yang ingin dijawab oleh siswa. Pertanyaan atau masalah ini harus sesuai dengan kurikulum, materi pelajaran, dan tingkat kemampuan siswa. Guru dapat meminta masukan dari siswa dalam menyusun pertanyaan atau masalah ini agar sesuai dengan harapan mereka.
  2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih pertanyaan atau masalah yang ingin mereka jawab. Siswa dapat bekerja secara individu atau kelompok dalam memilih pertanyaan atau masalah ini. Guru dapat memberikan batasan waktu dan jumlah pertanyaan atau masalah yang dapat dipilih oleh siswa.
  3. Mendorong siswa untuk mencari informasi yang berkaitan dengan pertanyaan atau masalah yang mereka pilih. Siswa dapat menggunakan berbagai sumber belajar, seperti buku, internet, media massa, orang tua, teman, atau ahli. Guru dapat membantu siswa dalam menentukan sumber belajar yang valid dan relevan.
  4. Mengajak siswa untuk melakukan eksperimen atau observasi untuk menguji hipotesis atau dugaan mereka terhadap pertanyaan atau masalah yang mereka pilih. Siswa dapat menggunakan alat-alat sederhana yang tersedia di sekolah atau di rumah untuk melakukan eksperimen atau observasi ini. Guru dapat membimbing siswa dalam merancang dan melaksanakan eksperimen atau observasi ini sesuai dengan prosedur ilmiah.
  5. Meminta siswa untuk menganalisis data yang diperoleh dari eksperimen atau observasi yang mereka lakukan. Siswa dapat menggunakan teknik-teknik statistik sederhana untuk mengolah data ini, seperti tabel, grafik, diagram, rata-rata, persentase, dll. Guru dapat membantu siswa dalam menginterpretasikan data ini secara objektif dan logis.
  6. Menyuruh siswa untuk menyimpulkan hasil dari analisis data yang mereka lakukan. Siswa harus dapat menjawab pertanyaan atau masalah yang mereka pilih dengan menggunakan data dan fakta yang telah mereka temukan. Guru dapat membantu siswa dalam menyusun kesimpulan ini secara singkat dan jelas.
  7. Mengharuskan siswa untuk menyajikan hasil inkuiri mereka di depan kelas atau di forum lainnya. Siswa dapat menggunakan media presentasi yang sesuai dengan hasil inkuiri mereka, seperti poster, maket, slide, video, dll. Guru dapat memberikan umpan balik dan penilaian terhadap hasil inkuiri siswa.
Baca Juga:  Pantun Perpisahan Sekolah dari Guru untuk Siswa

Demikianlah penjelasan tentang metode inkuiri harapan siswa dan langkah-langkahnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menerapkan metode ini dalam pembelajaran. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *