Kurikulum adalah rencana pembelajaran yang mencakup tujuan, isi, proses, dan penilaian yang dilaksanakan di satuan pendidikan. Kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Dalam mengembangkan kurikulum, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengembang kurikulum, salah satunya adalah standar kompetensi lulusan (SKL) dan karakteristik mata pelajaran. Mengapa kedua hal ini penting untuk diperhatikan? Berikut adalah penjelasannya.
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Standar kompetensi lulusan adalah kualifikasi kemampuan minimal yang harus dimiliki oleh peserta didik setelah menyelesaikan satuan pendidikan pada jenjang atau jenis tertentu. SKL mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sesuai dengan karakteristik jenjang atau jenis pendidikan.
SKL perlu diperhatikan dalam pengembangan kurikulum karena:
- SKL merupakan acuan bagi pengembang kurikulum dalam merumuskan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, dan indikator pencapaian kompetensi pada setiap mata pelajaran.
- SKL memberikan gambaran tentang apa yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik setelah menyelesaikan satuan pendidikan, sehingga dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan kriteria kelulusan dan sertifikat.
- SKL menggambarkan profil lulusan yang diinginkan oleh masyarakat, dunia usaha, dan dunia industri, sehingga dapat menjadi bahan masukan untuk mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan dan tantangan zaman.
Karakteristik Mata Pelajaran
Karakteristik mata pelajaran adalah ciri-ciri khusus yang melekat pada setiap mata pelajaran, yang mencerminkan ruang lingkup, sifat, dan kedudukan mata pelajaran tersebut dalam kurikulum. Karakteristik mata pelajaran mencakup aspek tujuan, isi, proses, dan penilaian pembelajaran.
Karakteristik mata pelajaran perlu diperhatikan dalam pengembangan kurikulum karena:
- Karakteristik mata pelajaran memberikan panduan bagi pengembang kurikulum dalam merancang pengalaman belajar yang sesuai dengan sifat dan ruang lingkup mata pelajaran tersebut.
- Karakteristik mata pelajaran membantu pengembang kurikulum dalam mengorganisasikan materi pembelajaran yang harus disediakan untuk mencapai kompetensi dasar dan indikator pada setiap mata pelajaran.
- Karakteristik mata pelajaran menunjukkan hubungan antara mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya, sehingga dapat digunakan sebagai bahan untuk mengintegrasikan pembelajaran secara lintas kurikuler.
Kesimpulan
Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa standar kompetensi lulusan dan karakteristik mata pelajaran perlu diperhatikan dalam pengembangan kurikulum karena keduanya memberikan panduan bagi pengembang kurikulum dalam merumuskan kemampuan yang diharapkan dikuasai peserta didik serta dalam merancang pengalaman belajar dan mengorganisasikan materi yang harus disediakan untuk mencapai kemampuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, kurikulum yang dikembangkan dapat mencerminkan tujuan pendidikan nasional, profil lulusan yang diinginkan, dan kebutuhan serta tantangan zaman.