Evaluasi adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak dan pengambilan keputusan, pengakuan, atau ketetapan tentang kondisi (kemampuan anak) . Evaluasi sangat penting dilakukan oleh guru PAUD karena dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, khususnya orang tua, guru, dan anak sendiri .
Manfaat Evaluasi bagi Orang Tua
Bagi orang tua, evaluasi dapat membantu mereka mengetahui perkembangan dan permasalahan anak secara objektif dan akurat. Dengan demikian, orang tua dapat menentukan langkah atau upaya apa yang dapat dilakukan dalam membantu pertumbangan anak di rumah maupun di luar rumah. Selain itu, evaluasi juga dapat mempererat hubungan komunikasi antara orang tua dan guru, sehingga dapat menciptakan kerjasama yang harmonis dalam mendukung proses belajar anak .
Manfaat Evaluasi bagi Guru
Bagi guru, evaluasi dapat menjadi alat bantu untuk meningkatkan mutu pembelajaran di dalam kelas anak usia dini. Dengan evaluasi, guru dapat mengetahui sejauh mana rancangan pembelajaran yang digunakan sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Selain itu, evaluasi juga dapat menjadi masukan bagi guru dalam merancang kegiatan belajar selanjutnya untuk setiap anak, sesuai dengan kebutuhan, minat, dan potensi yang dimiliki anak. Evaluasi juga dapat menjadi motivator bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan diri sebagai pendidik profesional .
Manfaat Evaluasi bagi Anak
Bagi anak, evaluasi dapat menjadi dorongan atau motivator dalam mengembangkan diri untuk ke depannya. Dengan evaluasi, anak dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, serta kemajuan yang telah dicapai dalam proses belajar. Evaluasi juga dapat membantu anak mengenal dirinya sendiri, menghargai prestasinya, dan meningkatkan rasa percaya diri. Evaluasi juga dapat menstimulasi anak untuk berpikir kritis, kreatif, dan mandiri dalam menyelesaikan masalah .
Prinsip-prinsip Evaluasi PAUD
Agar evaluasi PAUD dapat memberikan manfaat yang optimal, guru perlu memperhatikan beberapa prinsip dalam melaksanakan evaluasi, yaitu :
- Dilakukan secara berkala, intensif, bermakna, menyeluruh dan berkelanjutan
- Pengamatan dilakukan pada saat melakukan aktivitas belajar sepanjang hari
- Secara berkala, guru mengkaji ulang catatan perkembangan anak dan berbagai informasi lain termasuk kebutuhan khusus anak yang dikumpulkan dari hasil catatan pengamatan, anekdot, dan check list.
- Melakukan komunikasi dengan orang tua tentang perkembangan anak termasuk kebutuhan khusus anak
- Dilakukan secara sistematis, terpercaya dan konsisten
- Memonitor semua aspek tingkat pencapaian perkembangan anak
- Mengutamakan proses daripada hasil
- Pembelajaran melalui bermain dengan benda konkrit.
Teknik-teknik Evaluasi PAUD
Untuk mengetahui perkembangan anak usia dini, asesmen lebih banyak digunakan daripada evaluasi, karena pola perkembangan anak masih bersifat sederhana. Anak banyak menghabiskan waktu untuk bermain bersama orang dewasa atau anak lainnya. Sehingga untuk dapat memotret dan mendiskripsikan perkembangan anak dengan tepat dibutuhkan suasana alami dan tidak memaksa anak . Beberapa teknik evaluasi yang dapat digunakan oleh guru PAUD adalah :
- Pengamatan (observasi), merupakan suatu teknik yang dapat dilakukan oleh guru untuk mendapatkan berbagai informasi atau data tentang perkembangan dan permasalahan anak. Melalui pengamatan, guru dapat mengetahui bagaimana perubahan yang terjadi pada anak dalam satu waktu tertentu. Pedoman observasi ini meliputi daftar cek, catatan anekdot (catatan yang akan diobservasi seperti mengamati perilaku agresif anak), skala penilaian (table skor), dan alat- alat mekanis.
- Wawancara, merupakan suatu teknik pengumpulan data yang dapat dilakukan guru untuk mendapatkan informasi tentang perkembangan dan permasalahan anak dengan cara melakukan percakapan langsung, baik dengan anak maupun orang tua. Dengan wawancara guru dapat menggali lebih jauh kondisi objektif anak. Teknik ini dibagi menjadi dua, terstruktur dan tidak terstruktur. Wawancara terstruktur yaitu dengan menggunakan daftar pertanyaan tertulis dan jawabannya sudah disediakan dalam bentuk skala.
- Tes, merupakan suatu teknik evaluasi yang menggunakan alat ukur tertentu untuk mengukur kemampuan atau prestasi anak dalam bidang tertentu. Tes dapat dibedakan menjadi tes lisan dan tes tertulis. Tes lisan yaitu tes yang dilakukan dengan cara bertanya secara lisan kepada anak dan jawabannya juga diberikan secara lisan oleh anak. Tes tertulis yaitu tes yang dilakukan dengan cara memberikan soal-soal tertulis kepada anak dan jawabannya juga diberikan secara tertulis oleh anak.
Demikianlah artikel tentang mengapa anda sebagai guru PAUD harus memberikan evaluasi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi tentang evaluasi PAUD.