Landasan Saat Merencanakan Pembelajaran di Kelas

Landasan Saat Merencanakan Pembelajaran di Kelas

Posted on

Pembelajaran di kelas adalah proses interaksi antara pendidik dan peserta didik yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pembelajaran di kelas memerlukan perencanaan yang matang agar dapat berjalan efektif dan efisien. Perencanaan pembelajaran di kelas harus memperhatikan beberapa landasan, yaitu:

Landasan Kurikuler

Landasan kurikuler adalah acuan utama dalam perencanaan pembelajaran di kelas. Kurikulum adalah rencana pendidikan yang berisi tujuan, isi, proses, dan penilaian pembelajaran yang disusun secara sistematis dan komprehensif. Kurikulum memberikan arah dan pedoman bagi pendidik dalam menentukan capaian pembelajaran, ruang lingkup materi, metode, media, sumber belajar, dan asesmen yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar.

Landasan Kondisi Sekolah

Landasan kondisi sekolah adalah faktor-faktor yang berkaitan dengan situasi dan kondisi sekolah yang mempengaruhi perencanaan pembelajaran di kelas. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah visi, misi, tujuan, dan karakteristik sekolah; ketersediaan sarana dan prasarana; jumlah dan karakteristik peserta didik; serta kemampuan dan ketersediaan pendidik. Landasan kondisi sekolah dapat membantu pendidik dalam menyesuaikan perencanaan pembelajaran dengan kebutuhan dan potensi sekolah.

Baca Juga:  Sejarah Parindra: Organisasi Nasionalis yang Terbentuk dari Fusi Boedi Oetomo dan PBI

Landasan Kemampuan dan Perkembangan Peserta Didik

Landasan kemampuan dan perkembangan peserta didik adalah aspek-aspek yang berkaitan dengan tingkat pengetahuan, keterampilan, sikap, minat, bakat, motivasi, gaya belajar, dan karakteristik lainnya yang dimiliki oleh peserta didik. Landasan kemampuan dan perkembangan peserta didik dapat membantu pendidik dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, dan perkembangan peserta didik. Dengan demikian, pembelajaran dapat lebih bermakna, menantang, dan berpusat pada peserta didik.

Landasan Kemampuan dan Karakteristik Pendidik

Landasan kemampuan dan karakteristik pendidik adalah aspek-aspek yang berkaitan dengan kualifikasi, kompetensi, pengalaman, kepribadian, gaya mengajar, dan karakteristik lainnya yang dimiliki oleh pendidik. Landasan kemampuan dan karakteristik pendidik dapat membantu pendidik dalam memilih model, metode, media, sumber belajar, dan asesmen yang sesuai dengan kemampuan dan karakteristiknya. Dengan demikian, pembelajaran dapat lebih efektif, kreatif, dan profesional.

Kesimpulan

Perencanaan pembelajaran di kelas adalah langkah penting dalam proses pembelajaran. Perencanaan pembelajaran di kelas harus memperhatikan beberapa landasan, yaitu landasan kurikuler, landasan kondisi sekolah, landasan kemampuan dan perkembangan peserta didik, dan landasan kemampuan dan karakteristik pendidik. Dengan memperhatikan landasan-landasan tersebut, perencanaan pembelajaran di kelas dapat disusun secara sistematis, komprehensif, dan sesuai dengan konteks sekolah dan peserta didik.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *