Cara Menghitung Rata Rata dalam Suatu Range Menggunakan Formula di Excel

Cara Menghitung Rata Rata dalam Suatu Range Menggunakan Formula di Excel

Posted on

Microsoft Excel adalah salah satu software pengolah data yang paling populer di dunia. Dalam Excel, kita dapat melakukan berbagai macam operasi matematika, termasuk menghitung rata-rata. Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara menghitung rata-rata dalam suatu range menggunakan formula di Excel.

Apa itu Rata-Rata?

Rata-rata adalah nilai tengah dari sekumpulan data. Dalam Excel, kita dapat menggunakan formula AVERAGE untuk menghitung rata-rata dari suatu range.

Cara Menghitung Rata-Rata dalam Suatu Range

Langkah pertama adalah memilih range data yang akan dihitung rata-ratanya. Misalnya, kita memiliki data seperti pada gambar di bawah ini:

Data RangeSource: bing.com
Untuk menghitung rata-rata dari data tersebut, kita dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih sel tempat hasil rata-rata akan ditampilkan
  2. Tulis formula =AVERAGE(range) pada sel tersebut
  3. Ganti “range” dengan range data yang ingin dihitung rata-ratanya
  4. Press Enter

Sebagai contoh, jika kita ingin menghitung rata-rata dari data di atas, kita dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih sel F2
  2. Tulis formula =AVERAGE(B2:E2) pada sel F2
  3. Press Enter
Baca Juga:  Pernyataan Berikut yang Tepat Adalah

Hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini:

Hasil Rata-RataSource: bing.com

Cara Menghitung Rata-Rata dengan Kondisi Tertentu

Selain itu, kita juga dapat menghitung rata-rata dengan kondisi tertentu. Misalnya, kita ingin menghitung rata-rata dari data di atas, tapi hanya untuk data yang nilainya di atas 50. Untuk melakukan hal tersebut, kita dapat menggunakan formula AVERAGEIF.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pilih sel tempat hasil rata-rata akan ditampilkan
  2. Tulis formula =AVERAGEIF(range, “>50”) pada sel tersebut
  3. Ganti “range” dengan range data yang ingin dihitung rata-ratanya
  4. Press Enter

Hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini:

Hasil Rata-Rata Dengan Kondisi TertentuSource: bing.com

Cara Menghitung Rata-Rata dengan Kondisi Ganda

Selain itu, kita juga dapat menghitung rata-rata dengan kondisi ganda. Misalnya, kita ingin menghitung rata-rata dari data di atas, tapi hanya untuk data yang nilainya di atas 50 dan di bawah 80. Untuk melakukan hal tersebut, kita dapat menggunakan formula AVERAGEIFS.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pilih sel tempat hasil rata-rata akan ditampilkan
  2. Tulis formula =AVERAGEIFS(range, criteria_range1, “>50”, criteria_range2, “<80”) pada sel tersebut
  3. Ganti “range” dengan range data yang ingin dihitung rata-ratanya
  4. Ganti “criteria_range1” dengan range data yang ingin dijadikan kondisi pertama
  5. Ganti “>50” dengan kondisi pertama
  6. Ganti “criteria_range2” dengan range data yang ingin dijadikan kondisi kedua
  7. Ganti “<80” dengan kondisi kedua
  8. Press Enter
Baca Juga:  Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Kecepatan

Hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini:

Hasil Rata-Rata Dengan Kondisi GandaSource: bing.com

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara menghitung rata-rata dalam suatu range menggunakan formula di Excel. Selain itu, kita juga belajar cara menghitung rata-rata dengan kondisi tertentu dan kondisi ganda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *