Cara Membuat Alat Masukan Komputer dari Benda-Benda di Sekitar Kita

Cara Membuat Alat Masukan Komputer dari Benda-Benda di Sekitar Kita

Posted on

Komputer adalah alat elektronik yang dapat menerima, mengolah, dan memberikan data dalam bentuk informasi. Komputer terdiri dari beberapa komponen, salah satunya adalah alat masukan atau input device. Alat masukan adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer. Contoh alat masukan yang umum digunakan adalah keyboard, mouse, mikrofon, dan kamera.

Namun, tahukah kamu bahwa kita dapat membuat alat masukan komputer dari benda-benda di sekitar kita yang bersifat konduktor? Konduktor adalah sifat benda yang dapat mengantarkan arus listrik baik itu secara kuat atau lemah. Contoh benda konduktor adalah logam, air, buah-buahan, dan tubuh manusia.

Untuk membuat alat masukan komputer dari benda-benda konduktor, kita membutuhkan beberapa alat dan bahan, yaitu:

  • Papan sirkuit Makey Makey
  • Kabel USB
  • Kabel jumper
  • Benda-benda konduktor yang ingin digunakan sebagai alat masukan
  • Komputer dengan program Scratch terinstal

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat alat masukan komputer dari benda-benda konduktor:

  1. Hubungkan papan sirkuit Makey Makey dengan komputer menggunakan kabel USB.
  2. Hubungkan kabel jumper dengan lubang-lubang yang ada di papan sirkuit Makey Makey. Lubang-lubang tersebut berfungsi sebagai tombol-tombol keyboard, seperti space, up, down, left, right, dan click.
  3. Hubungkan ujung kabel jumper yang lain dengan benda-benda konduktor yang ingin digunakan sebagai alat masukan. Misalnya, pisang, apel, jeruk, dan air.
  4. Pegang kabel jumper yang terhubung dengan lubang earth di papan sirkuit Makey Makey. Ini berfungsi sebagai ground atau tanah untuk menutup sirkuit listrik.
  5. Buka program Scratch di komputer dan buatlah program sederhana yang dapat merespon input dari alat masukan yang telah dibuat. Misalnya, membuat sprite kucing bergerak ke atas, bawah, kiri, atau kanan sesuai dengan input dari buah-buahan.
  6. Jalankan program Scratch dan coba gunakan alat masukan yang telah dibuat. Tekan benda-benda konduktor yang terhubung dengan kabel jumper untuk mengirimkan perintah ke komputer.
Baca Juga:  Jelaskan Pengertian Kritik Karya Seni Rupa

Selamat! Kamu telah berhasil membuat alat masukan komputer dari benda-benda di sekitar kita yang bersifat konduktor. Dengan cara ini, kamu dapat belajar tentang konsep dasar komputasi dan elektronika secara kreatif dan menyenangkan. Kamu juga dapat bereksperimen dengan benda-benda konduktor lainnya dan membuat program Scratch yang lebih menarik.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi kamu untuk terus belajar dan berinovasi dengan komputer. Jangan lupa untuk menghargai hak cipta dan kekayaan intelektual dari orang lain yang telah membuat alat dan program yang kamu gunakan.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *