Berikut Merupakan Prinsip Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan Kecuali

Berikut Merupakan Prinsip Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan Kecuali

Posted on

Kurikulum operasional di satuan pendidikan adalah kurikulum yang disusun dan dikelola oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada kerangka dasar dan struktur kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Kurikulum operasional di satuan pendidikan memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan, sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Kurikulum operasional di satuan pendidikan dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik dan satuan pendidikan.

Dalam pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan, terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan. Prinsip-prinsip ini bertujuan untuk membantu proses berpikir dalam menyusun kurikulum operasional di satuan pendidikan dan menjadi dasar merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum. Berikut ini adalah prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan:

  • Berpusat pada peserta didik. Pembelajaran harus memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Profil Pelajar Pancasila selalu menjadi rujukan pada semua tahapan dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan.
  • Kontekstual. Kurikulum harus menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan, serta dunia kerja dan industri (khusus SMK), dan menunjukkan karakteristik atau kekhususan peserta didik berkebutuhan khusus (khusus SLB).
  • Esensial. Kurikulum memuat semua unsur informasi penting/utama yang dibutuhkan dan digunakan di satuan pendidikan. Bahasa yang digunakan lugas, ringkas, dan mudah dipahami.
  • Akuntabel. Pelaksanaan kurikulum harus dapat dipertanggungjawabkan karena berbasis data dan aktual.
  • Melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Pengembangan kurikulum satuan pendidikan melibatkan komite satuan pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan antara lain orang tua, organisasi, berbagai sentra, serta industri dan dunia kerja untuk SMK, di bawah koordinasi dan supervisi dinas Pendidikan atau kantor kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama sesuai dengan kewenangannya.
Baca Juga:  Kemunculan Jepang sebagai Negara Imperialis yang Berambisi Menciptakan Asia Timur Raya

Dari kelima prinsip pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan tersebut, manakah yang bukan merupakan prinsip pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan? Jawabannya adalah tidak ada. Semua prinsip tersebut merupakan prinsip pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan yang harus dipatuhi oleh setiap satuan pendidikan dalam menyusun kurikulumnya.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *