Menyimak dan berbicara adalah dua keterampilan berbahasa lisan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menyimak dan berbicara, kita dapat memperoleh dan menyampaikan informasi, berkomunikasi dengan orang lain, belajar dari pengalaman, mengekspresikan pikiran dan perasaan, serta mengembangkan pengetahuan dan kreativitas.
Namun, menyimak dan berbicara tidak dapat dilakukan secara terpisah. Keduanya saling berhubungan dan mempengaruhi satu sama lain. Untuk dapat berbicara dengan baik, kita harus mampu menyimak dengan baik. Sebaliknya, untuk dapat menyimak dengan baik, kita harus mampu berbicara dengan baik.
Oleh karena itu, dalam pembelajaran bahasa Indonesia, kita perlu melakukan kegiatan yang dapat mengkaitkan antara menyimak dan berbicara. Bentuk kegiatan yang dapat dikaitkan antara menyimak dan berbicara adalah sebagai berikut:
1. Menyimak Cerita dan Menceritakan Kembali
Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan menyimak untuk memahami isi cerita yang disampaikan oleh pembicara, serta kemampuan berbicara untuk menceritakan kembali cerita tersebut dengan bahasa sendiri.
Cara melakukan kegiatan ini adalah:
- Guru atau siswa memilih sebuah cerita yang menarik dan sesuai dengan tingkat kelas.
- Guru atau siswa membacakan atau menceritakan cerita tersebut di depan kelas dengan jelas dan menarik.
- Siswa diminta untuk menyimak cerita tersebut dengan baik dan mencatat poin-poin pentingnya.
- Setelah selesai, guru atau siswa memilih beberapa siswa secara acak untuk menceritakan kembali cerita tersebut di depan kelas dengan bahasa sendiri.
- Siswa lain diminta untuk memberikan tanggapan atau pertanyaan tentang cerita tersebut.
2. Menyimak Wawancara dan Melakukan Wawancara
Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan menyimak untuk menangkap informasi dari wawancara yang disiarkan di media massa atau internet, serta kemampuan berbicara untuk melakukan wawancara dengan narasumber tertentu.
Cara melakukan kegiatan ini adalah:
- Guru atau siswa memilih sebuah rekaman wawancara yang relevan dengan tema pembelajaran.
- Guru atau siswa memutar rekaman wawancara tersebut di kelas dan meminta siswa untuk menyimaknya dengan baik.
- Setelah selesai, guru atau siswa memberikan beberapa pertanyaan tentang wawancara tersebut kepada siswa.
- Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan tersebut secara lisan atau tertulis.
- Selanjutnya, guru atau siswa membagi kelas menjadi beberapa kelompok kecil.
- Setiap kelompok diminta untuk menentukan topik wawancara yang ingin mereka lakukan, serta menyiapkan pertanyaan-pertanyaannya.
- Setiap kelompok juga diminta untuk menentukan narasumber yang ingin mereka wawancarai, baik dari dalam maupun luar sekolah.
- Setiap kelompok melakukan wawancara dengan narasumbernya sesuai dengan topik dan pertanyaan yang telah disiapkan.
- Setiap kelompok merekam atau mendokumentasikan hasil wawancaranya.
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil wawancaranya di depan kelas.
3. Menyimak Pidato dan Membuat Pidato
Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan menyimak untuk mengapresiasi pidato yang disampaikan oleh tokoh-tokoh terkenal atau inspiratif, serta kemampuan berbicara untuk membuat pidato sendiri tentang topik tertentu.
Cara melakukan kegiatan ini adalah:
- Guru atau siswa memilih sebuah rekaman pidato yang bermutu dan sesuai dengan tema pembelajaran.
- Guru atau siswa memutar rekaman pidato tersebut di kelas dan meminta siswa untuk menyimaknya dengan baik.
- Setelah selesai, guru atau siswa memberikan beberapa pertanyaan tentang pidato tersebut kepada siswa.
- Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan tersebut secara lisan atau tertulis.
- Selanjutnya, guru atau siswa membagi kelas menjadi beberapa kelompok kecil.
- Setiap kelompok diminta untuk menentukan topik pidato yang ingin mereka buat, serta menyiapkan naskahnya.
- Setiap kelompok juga diminta untuk memperhatikan aspek-aspek penting dalam pidato, seperti tujuan, sasaran, isi, struktur, bahasa, gaya, dan media pendukung.
- Setiap kelompok membuat pidato sendiri sesuai dengan topik dan naskah yang telah disiapkan.
- Setiap kelompok merekam atau mendokumentasikan pidatonya.
- Setiap kelompok mempresentasikan pidatonya di depan kelas.