Bagaimana Riwayat Pendidikan Ir. Soekarno

Bagaimana Riwayat Pendidikan Ir. Soekarno

Posted on

Pendidikan adalah fondasi penting dalam kehidupan seseorang. Begitu juga dengan Ir. Soekarno, seorang tokoh proklamator dan presiden pertama Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan melihat riwayat pendidikan beliau yang telah membentuk karakter dan pemikiran Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Masa Kecil dan Pendidikan Formal

Ir. Soekarno, atau biasa dipanggil Bung Karno, lahir pada 6 Juni 1901 di Blitar, Jawa Timur. Masa kecilnya dihabiskan di kota kelahirannya dan di Surabaya. Sejak kecil, Bung Karno telah menunjukkan minat yang tinggi dalam bidang kebangsaan dan politik.

Pada tahun 1916, Soekarno melanjutkan pendidikan menengahnya di HBS (Hoogere Burger School) di Surabaya. Di sekolah ini, dia mulai terlibat dalam gerakan nasionalis dan organisasi-organisasi kebangsaan. Dia juga aktif dalam kegiatan debat dan menulis di surat kabar sekolah.

Pada tahun 1920, Soekarno melanjutkan pendidikan ke NIAS (Nederlandsch Indische Artsen School) di Surabaya. Namun, dia tidak menyelesaikan studinya di NIAS karena terlibat dalam gerakan pergerakan mahasiswa yang menuntut perubahan politik di Hindia Belanda.

Baca Juga:  Elemen-elemen Kepedulian terhadap Mutu (Kualitas) Kerja

Pengaruh Pendidikan Awal

Pendidikan awal Soekarno di HBS dan NIAS sangat berpengaruh dalam membentuk pemikirannya tentang kebangsaan dan perjuangan. Di HBS, dia terlibat dalam kegiatan nasionalis yang melahirkan semangat cinta tanah airnya. Sementara di NIAS, dia terlibat dalam gerakan mahasiswa yang menuntut perubahan politik di Hindia Belanda.

Minatnya dalam bidang politik dan kebangsaan semakin berkembang seiring dengan pendidikan formalnya. Pendidikan awal ini memberikan dasar yang kuat bagi Soekarno untuk melanjutkan perjuangan dan memimpin pergerakan nasionalis.

Pendidikan di Belanda

Pada tahun 1922, Soekarno berangkat ke Belanda untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Dia mendaftar di Technische Hoogeschool (Sekolah Tinggi Teknik) di Bandung, tetapi kemudian pindah ke Universitas Leiden.

Di Leiden, Soekarno belajar ilmu hukum dan berkenalan dengan pemikiran-pemikiran politik yang mendukung kemerdekaan. Dia terlibat dalam organisasi pelajar Indonesia yang aktif memperjuangkan perubahan politik di Hindia Belanda.

Pada tahun 1928, Soekarno lulus dari Universitas Leiden dan mendapatkan gelar insinyur sipil. Namun, minatnya yang sebenarnya adalah politik dan perjuangan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

Pengaruh Pendidikan di Belanda

Pendidikan Soekarno di Belanda memberikan pengaruh yang besar dalam membentuk pemikirannya tentang kemerdekaan dan nasionalisme. Di Leiden, dia terlibat dalam gerakan mahasiswa Indonesia yang aktif memperjuangkan perubahan politik di Hindia Belanda.

Baca Juga:  Bagaimana Hasil dari 30:5 dengan Cara Pembagian Susun

Pada saat itu, Soekarno juga mengenal pemikiran-pemikiran politik Barat yang mendukung kemerdekaan dan hak-hak asasi manusia. Pendidikan di Belanda membuatnya semakin yakin bahwa kemerdekaan adalah hak yang wajib diperjuangkan oleh bangsa Indonesia.

Pelopor Nasionalisme Indonesia

Setelah menyelesaikan studinya di Belanda, Soekarno kembali ke tanah air pada tahun 1930. Dia terus aktif dalam gerakan perjuangan kemerdekaan dan menjadi salah satu pendiri Partai Nasional Indonesia (PNI) pada tahun 1927.

Soekarno juga menjadi anggota Volksraad, badan legislatif Hindia Belanda, di mana dia memperjuangkan hak-hak politik dan sosial bagi rakyat Indonesia. Dia menggunakan panggung politik ini untuk menyampaikan visi dan gagasannya tentang kemerdekaan Indonesia kepada dunia.

Pemikiran Politik dan Nasionalisme

Pendidikan dan pengalaman politik Soekarno membentuk pemikirannya tentang politik dan nasionalisme. Dia percaya bahwa bangsa Indonesia memiliki potensi untuk menjadi negara yang merdeka dan berdaulat.

Soekarno memperjuangkan persatuan bangsa Indonesia, tanpa memandang perbedaan suku, agama, atau budaya. Dia mengajarkan pentingnya kebhinekaan dan gotong royong dalam membangun bangsa yang kuat dan mandiri.

Visi Kemerdekaan Indonesia

Soekarno memiliki visi yang jelas tentang kemerdekaan Indonesia. Dia menginginkan Indonesia sebagai negara yang bebas dari penjajahan dan memiliki kedaulatan penuh atas dirinya sendiri.

Baca Juga:  Bunyi yang Teratur Disebut dengan

Visinya tentang Indonesia sebagai negara yang merdeka, berdaulat, adil, dan makmur menginspirasi jutaan orang Indonesia untuk berjuang demi kemerdekaan. Dia menjadi simbol perlawanan dan semangat juang bagi rakyat Indonesia dalam menghadapi penjajahan.

Pengaruh Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan Ir. Soekarno mencerminkan betapa pentingnya pendidikan dalam membentuk seorang pemimpin dan tokoh nasional. Pendidikan formal dan non-formal yang diperoleh Soekarno membantunya dalam memimpin perjuangan kemerdekaan dan membangun negara ini setelah proklamasi kemerdekaan pada tahun 1945.

Dengan pengetahuannya yang luas dan semangat perjuangannya, Soekarno berhasil menginspirasi jutaan orang Indonesia untuk mencapai kemerdekaan dan membangun bangsa yang merdeka dan berdaulat.

Ir. Soekarno adalah sosok yang tidak hanya dihormati sebagai presiden pertama Indonesia, tetapi juga sebagai pemimpin karismatik yang mengabdikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

Bagaimana riwayat pendidikan Ir. Soekarno telah membentuk perjalanan hidup dan pemikirannya adalah inspirasi bagi kita semua untuk menghargai pentingnya pendidikan dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *