Bagaimana Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati?

Bagaimana Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati?

Posted on

Kartu Telkomsel merupakan salah satu produk telekomunikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun, terkadang kita lupa untuk mengisi pulsa atau memperpanjang masa aktif kartu kita sehingga kartu tersebut menjadi mati atau hangus. Apa yang harus kita lakukan jika hal ini terjadi? Apakah masih bisa mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati?

Jawabannya adalah tergantung. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi apakah kartu Telkomsel yang sudah mati bisa diaktifkan kembali atau tidak, seperti:

  • Lama masa tenggang kartu
  • Alasan urgent penggunaan nomor
  • Media yang digunakan untuk reaktivasi kartu

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati dengan berbagai cara, baik melalui kode USSD, media sosial, call center, hingga GraPARI Telkomsel. Simak ulasannya berikut ini!

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Mati Kurang dari 15 Hari

Berdasarkan informasi dari situs resmi Telkomsel, jika kartu Telkomsel Anda sudah mati kurang dari 15 hari, maka Anda masih bisa mengaktifkan kembali kartu tersebut dengan beberapa cara berikut:

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel via Kode USSD

Cara yang paling mudah untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati adalah dengan menghubungi *888*89# lewat smartphone Anda. Ikuti cara-caranya berikut ini:

  • Siapkan terlebih dahulu beberapa dokumen seperti KTP dan KK yang sebelumnya sudah didaftarkan pada nomor Anda, serta kartu SIM fisik yang ingin diaktifkan.
  • Menghubungi *888*89# dengan menggunakan nomor Anda yang hangus.
  • Anda akan melihat instruksi. Pilih “1. Reaktivasi kartu”.
  • Pilih “1. Setuju” jika Anda menyetujui ketentuan reaktivasi.
  • Silakan masukkan nomor KTP dan Kartu Keluarga.
  • Anda akan menerima SMS pemberitahuan apakah nomor Anda bisa diaktifkan kembali atau tidak.
Baca Juga:  Sebutkan dan Jelaskan Secara Singkat Gaya Bernyanyi Lagu Modern

Jika nomor Anda bisa diaktifkan kembali, maka Anda akan mendapatkan SMS konfirmasi bahwa proses reaktivasi berhasil dan nomor Anda akan aktif dalam waktu 24 jam.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel via Media Sosial

Cara lain untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati adalah dengan menggunakan media sosial resmi Telkomsel, baik Facebook, Twitter, atau Instagram (Telkomsel E-Care). Berikut panduan mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati melalui Twitter:

  • Buka Twitter.
  • Kunjungi akun @Telkomsel.
  • Tekan opsi Pesan Langsung (Direct Message).
  • Tulis pesan Anda dengan menyebutkan nomor yang ingin diaktifkan kembali, alasan urgent penggunaan nomor tersebut, serta lampirkan foto KTP dan KK yang terdaftar pada nomor tersebut.
  • Tunggu balasan dari admin Telkomsel dan ikuti instruksi selanjutnya.

Jika nomor Anda memenuhi syarat untuk diaktifkan kembali, maka admin Telkomsel akan membantu proses reaktivasi dan memberitahu Anda melalui DM.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Mati Lebih dari 15 Hari

Jika kartu Telkomsel Anda sudah mati lebih dari 15 hari tapi masih belum genap sebulan pasca masa tenggang, maka kemungkinan nomor tersebut bisa diaktifkan menjadi lebih kecil. Namun, masih bisa, kok, dengan syarat Anda menyebutkan alasan urgent penggunaan nomor tersebut. Berikut beberapa cara untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati lebih dari 15 hari:

Baca Juga:  Apa yang Dapat Dilakukan oleh Keluarga dan Masyarakat untuk Mencegah Penyalahgunaan Narkoba?

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel via Call Center

Cara pertama untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati lebih dari 15 hari adalah dengan menelepon call center Telkomsel di nomor 188. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Jika nomor Anda bisa diaktifkan kembali, maka customer service akan membantu proses reaktivasi dan memberitahu Anda melalui telepon.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel ke GraPARI

Cara kedua untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati lebih dari 15 hari adalah dengan datang langsung ke GraPARI Telkomsel terdekat. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan dokumen seperti KTP dan KK yang terdaftar pada nomor Anda, serta kartu SIM fisik yang ingin diaktifkan.
  • Datang ke GraPARI Telkomsel terdekat dengan membawa dokumen-dokumen tersebut.
  • Ambil antrian sesuai layanan yang Anda inginkan.
  • Sampaikan keluhan Anda kepada petugas GraPARI bahwa Anda ingin mengaktifkan kembali nomor Anda yang sudah mati lebih dari 15 hari.
  • Jelaskan alasan urgent penggunaan nomor tersebut dan berikan data-data yang diminta oleh petugas GraPARI, seperti nama lengkap, tanggal lahir, alamat email, dll.
  • Tunggu konfirmasi dari petugas GraPARI apakah nomor Anda bisa diaktifkan kembali atau tidak.
Baca Juga:  Pelaut Belanda Pertama yang Sampai di Indonesia adalah Cornelis de Houtman

Jika nomor Anda bisa diaktifkan kembali, maka petugas GraPARI akan membantu proses reaktivasi dan memberitahu Anda secara langsung.

Ciri-Ciri Kartu Telkomsel Mati atau Hangus

Bagaimana cara mengetahui apakah kartu Telkomsel kita sudah mati atau hangus? Ada beberapa ciri-ciri yang bisa kita perhatikan, antara lain:

  • Tidak bisa melakukan panggilan telepon atau SMS
  • Tidak bisa menerima panggilan telepon atau SMS
  • Tidak bisa menggunakan internet
  • Tidak bisa melakukan isi ulang pulsa
  • Tidak bisa melakukan cek saldo pulsa
  • Tidak ada sinyal pada ponsel
  • Muncul pesan “SIM card registration failed” atau “Invalid SIM card” pada ponsel

Jika kita menemukan salah satu atau beberapa ciri-ciri di atas pada kartu Telkomselmaka kemungkinan besar kartu tersebut sudah mati atau hangus.

Cara Mengecek Masa Aktif Kartu Telkomsel

Untuk mencegah kartu Telkomselmati atau hangus karena melewati masa aktifnya, ada baiknya kita rutin mengecek masa aktif kartunya. Ada beberapa cara untuk mengecek masa aktif kartu Telkomselyang bisa kita lakukan, yaitu:

Cara Mengecek Masa Aktif Kartu Telkomsel via Kode USSD

Cara pertama untuk mengecek masa aktif kartu Telkomse adalah dengan menggunakan kode USSD *888#. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Hubungi *888# dari ponsel Anda
  • Pilih menu “Info”
  • Pilih menu “Masa Aktivitas”
  • Akan muncul informasi tentang sisa pulsa dan masa aktif kartunya
Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *