Sebagai seorang guru, anda tentu memiliki visi dan misi dalam melaksanakan proses pembelajaran siswa. Anda ingin memberikan yang terbaik bagi siswa anda agar mereka dapat mengembangkan potensi diri mereka secara optimal. Namun, apakah anda sudah mengetahui apa yang selama ini menjadi tujuan besar dari proses pembelajaran siswa yang anda lakukan? Apakah tujuan tersebut sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini?
Pengertian Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran adalah deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi (pengetahuan, keterampilan, sikap) yang diperoleh murid dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Tujuan pembelajaran juga dapat diartikan sebagai perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi dan tingkat kompetensi tertentu.
Tujuan pembelajaran harus disusun secara spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu. Hal ini agar tujuan pembelajaran dapat memberikan arah dan fokus bagi guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar.
Fungsi Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:
- Menjadi arah dan tujuan dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar. Dengan mengetahui tujuan pembelajaran, guru dapat menentukan materi, metode, media, dan evaluasi yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.
- Sebagai bukti akuntabilitas kinerja guru. Dengan menuliskan tujuan pembelajaran dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), guru dapat menunjukkan kompetensi profesionalnya dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran.
- Menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan. Dengan mengetahui tujuan pembelajaran, siswa dapat memiliki motivasi dan minat belajar yang tinggi. Siswa juga dapat mengukur kemajuan belajar mereka sendiri dan memberikan umpan balik kepada guru.
Tujuan Besar dari Proses Pembelajaran Siswa
Setiap guru tentu memiliki tujuan besar dari proses pembelajaran siswa yang dilakukannya. Namun, tujuan besar tersebut harus selaras dengan kurikulum yang berlaku saat ini, yaitu Kurikulum Merdeka Belajar.
Kurikulum Merdeka Belajar adalah kurikulum yang mengedepankan kemandirian siswa dalam belajar sesuai dengan minat, bakat, dan potensi mereka. Kurikulum ini juga mengutamakan pengembangan karakter siswa yang berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila.
Dengan demikian, tujuan besar dari proses pembelajaran siswa yang dilakukan oleh guru adalah agar siswa dapat memiliki kemampuan beradaptasi dalam kehidupannya. Kemampuan beradaptasi ini mencakup tiga aspek kompetensi, yaitu:
- Pengetahuan. Siswa dapat memahami konsep-konsep dasar dari berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dan bermanfaat bagi kehidupannya.
- Keterampilan. Siswa dapat menerapkan pengetahuan yang dimilikinya dalam bentuk karya nyata yang kreatif, inovatif, dan solutif bagi permasalahan di sekitarnya.
- Sikap. Siswa dapat menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, seperti jujur, disiplin, toleran, mandiri, bertanggung jawab, peduli lingkungan, dan cinta tanah air.
Cara Mencapai Tujuan Besar dari Proses Pembelajaran Siswa
Untuk mencapai tujuan besar dari proses pembelajaran siswa tersebut, guru perlu melakukan beberapa hal berikut:
- Menyusun RPP yang sesuai dengan standar kompetensi lulusan (SKL), kompetensi dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi (IPK), dan tujuan pembelajaran.
- Melaksanakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dengan menggunakan metode, media, dan sumber belajar yang variatif dan menarik.
- Melakukan evaluasi hasil belajar secara otentik dengan menggunakan instrumen penilaian yang valid, reliabel, praktis, dan adil.
- Memberikan umpan balik kepada siswa tentang kemajuan belajar mereka dan memberikan bimbingan untuk meningkatkan kualitas belajar mereka.
- Melakukan refleksi diri sebagai guru untuk terus meningkatkan kompetensi profesionalnya.
Kesimpulan
Apa yang selama ini menjadi tujuan besar dari proses pembelajaran siswa yang anda lakukan adalah agar siswa dapat memiliki kemampuan beradaptasi dalam kehidupannya. Kemampuan beradaptasi ini mencakup tiga aspek kompetensi: pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
Untuk mencapai tujuan besar tersebut, anda perlu menyusun RPP yang sesuai dengan kurikulum merdeka belajar; melaksanakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan; melakukan evaluasi hasil belajar secara otentik; memberikan umpan balik kepada siswa; dan melakukan refleksi diri sebagai guru.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda sebagai seorang guru profesional. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis.