Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar

Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar

Posted on
Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar

 

Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kreativitas, efektivitas dan kualitas proses pembelajaran. Penggunaan media dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar memiliki beberapa manfaat, antara lain; pembelajaran akan lebih menarik, bahan ajar lebih jelas, dan metode mengajar akan lebih bervariasi. Topik karya ilmiah tersebut adalah manfaat penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

Pengertian Media Pembelajaran

Media pembelajaran adalah alat, metode dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah. Media pembelajaran juga dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa untuk belajar.

Media pembelajaran dapat berupa benda nyata (konkret) atau benda tidak nyata (abstrak). Benda nyata adalah benda yang dapat dilihat, diraba, didengar atau dicium oleh indra manusia. Contohnya adalah buku, gambar, papan tulis, alat peraga, radio, televisi, film dan sebagainya. Benda tidak nyata adalah benda yang tidak dapat dilihat, diraba, didengar atau dicium oleh indra manusia. Contohnya adalah ide, konsep, prinsip dan sebagainya.

Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran

Dalam memilih media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran, guru perlu mempertimbangkan beberapa kriteria atau faktor-faktor berikut ini:

Baca Juga:  Pembaharuan Sistem Pendidikan Nasional di Era Modern

Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran

Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar memiliki beberapa manfaat bagi guru dan siswa, antara lain:

  • Membuat pembelajaran lebih menarik. Media pembelajaran dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa. Media dapat memberikan variasi dan stimulasi sensorik kepada siswa sehingga mereka tidak merasa bosan atau jenuh dengan metode pengajaran yang monoton.
  • Membuat bahan ajar lebih jelas. Media pembelajaran dapat membuat bahan ajar lebih jelas dan mudah dipahami oleh siswa. Media dapat memberikan ilustrasi atau contoh konkret dari materi pelajaran yang abstrak atau sulit dimengerti oleh siswa.
  • Membuat metode mengajar lebih bervariasi. Media pembelajaran dapat membuat metode mengajar lebih bervariasi dan fleksibel bagi guru. Guru dapat menggunakan media sesuai dengan kebutuhan dan situasi pembelajaran. Guru juga dapat mengkombinasikan media dengan metode lainnya seperti ceramah, diskusi, tanya jawab atau demonstrasi.
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Media pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran bagi guru dan siswa. Media dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran dengan lebih cepat dan akurat. Media juga dapat membantu siswa dalam memperoleh informasi atau pengetahuan dengan lebih mudah dan cepat.
  • Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Media pembelajaran dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotorik. Media dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep materi pelajaran dengan lebih baik dan mendalam. Media juga dapat membantu siswa dalam mengembangkan sikap positif terhadap mata pelajaran tertentu.
Baca Juga:  Apakah Manfaat dari Keberagaman Budaya yang Ada di Indonesia? Temukan Jawabannya di Sini

Kesimpulan

Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kreativitas, efektivitas dan kualitas proses pembelajaran. Penggunaan media dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.

Dalam memilih media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran, guru perlu mempertimbangkan beberapa kriteria atau faktor-faktor seperti ketepatan media dengan tujuan pengajaran, dukungan terhadap isi bahan pelajaran, kemudahan memperoleh media, keterampilan guru dalam menggunakannya, tersedia waktu untuk menggunakannya, dan sesuai dengan taraf berfikir anak.

Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar memiliki beberapa manfaat bagi guru dan siswa seperti membuat pembelajaran lebih menarik, membuat bahan ajar lebih jelas, membuat metode mengajar lebih bervariasi, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran, serta meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.

Pos Terkait: