Perbandingan Steering Gear pada Sistem Kemudi Tipe Rack and Pinion

Perbandingan Steering Gear pada Sistem Kemudi Tipe Rack and Pinion

Posted on

Sistem kemudi mobil merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi untuk mengubah arah roda sesuai dengan keinginan pengemudi. Ada berbagai jenis sistem kemudi yang digunakan pada mobil, salah satunya adalah sistem kemudi tipe rack and pinion. Sistem kemudi ini menggunakan rack berupa batang bergerigi dan pinion berupa roda gigi yang bersinggungan langsung dengan rack. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang perbandingan steering gear pada sistem kemudi tipe rack and pinion.

Steering gear adalah bagian dari sistem kemudi yang berfungsi untuk mengubah tenaga putar dari roda kemudi menjadi gerakan linear dari rack. Perbandingan steering gear adalah rasio antara sudut putar roda kemudi dengan sudut belok roda. Perbandingan steering gear menentukan tingkat responsifitas dan kestabilan sistem kemudi.

Pada sistem kemudi tipe rack and pinion, perbandingan steering gear ditentukan oleh jumlah gigi pada pinion dan panjang rack. Semakin banyak gigi pada pinion, semakin kecil perbandingan steering gear. Semakin panjang rack, semakin besar perbandingan steering gear. Perbandingan steering gear yang kecil berarti roda kemudi lebih ringan dan mudah diputar, tetapi roda belok lebih lambat dan kurang stabil. Perbandingan steering gear yang besar berarti roda kemudi lebih berat dan sulit diputar, tetapi roda belok lebih cepat dan lebih stabil.

Baca Juga:  Pulau Elba: Pulau Tempat Pengasingan Napoleon Zaman Penjajahan Dahulu

Perbandingan steering gear pada sistem kemudi tipe rack and pinion biasanya berkisar antara 12:1 hingga 20:1. Perbandingan steering gear yang ideal tergantung pada jenis dan karakteristik mobil. Mobil sport biasanya menggunakan perbandingan steering gear yang kecil untuk meningkatkan responsifitas dan manuverabilitas. Mobil keluarga biasanya menggunakan perbandingan steering gear yang besar untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan.

Sistem kemudi tipe rack and pinion memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan sistem kemudi lainnya, seperti konstruksi yang sederhana, ringan, efisien, dan akurat. Namun, sistem kemudi ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti rentan rusak jika terkena beban berat, membutuhkan perawatan rutin, dan sulit disesuaikan dengan kondisi jalan yang bervariasi.

Demikianlah penjelasan tentang perbandingan steering gear pada sistem kemudi tipe rack and pinion. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang sistem kemudi mobil.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *