Berikan 3 Contoh Nyata Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran Aktif
Pembelajaran aktif adalah suatu metode atau strategi pembelajaran yang secara langsung melibatkan siswa dalam interaksi, inkuiri, pemecahan masalah, dan pemahaman diri akhir. Melalui pembelajaran aktif, guru mendorong siswa untuk selalu memiliki pengalaman belajar yang lebih bermakna dan selalu memikirkan apa yang terjadi selama proses pembelajaran.
Pembelajaran aktif merupakan upaya untuk meningkatkan dan mempercepat respon siswa terhadap pembelajaran. Pembelajaran aktif membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak terlalu membosankan. Pembelajaran aktif meliputi kegiatan berbicara dan mendengarkan, menulis, membaca, dan retrospektif yang membimbing siswa. Disini siswa harus bisa mencoba mengidentifikasi berbagai hal yang berkaitan dengan isi, pemikiran, dan pokok bahasan penelitian.
Dalam pembelajaran aktif, guru bertindak sebagai fasilitator daripada pemberi pengetahuan. Setiap metode pembelajaran biasanya memiliki kelebihan dan kekurangan, itupun termasuk dengan strategi pembelajaran aktif. Kelebihan dari strategi pembelajaran aktif sendiri adalah:
- Meningkatkan motivasi belajar siswa
- Meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa
- Meningkatkan kemampuan berkolaborasi siswa
- Meningkatkan pemahaman konsep siswa
- Meningkatkan kreativitas siswa
Sedangkan kekurangan dari strategi pembelajaran aktif antara lain:
- Membutuhkan waktu yang lebih lama
- Membutuhkan persiapan yang lebih matang
- Membutuhkan fasilitas yang memadai
- Membutuhkan pengawasan yang lebih ketat
- Membutuhkan penilaian yang lebih kompleks
Lalu, bagaimana contoh nyata pelibatan peserta didik dalam pembelajaran aktif? Berikut adalah tiga contoh yang bisa Anda coba:
1. Melakukan tugas penelitian
Salah satu contoh nyata pelibatan peserta didik dalam pembelajaran aktif adalah dengan memberikan tugas penelitian kepada siswa. Tugas penelitian ini bisa berupa eksperimen, observasi, survei, wawancara, atau studi kasus yang berkaitan dengan materi pelajaran.
Dengan melakukan tugas penelitian, siswa akan terlibat secara aktif dalam mengumpulkan data, menganalisis data, menyimpulkan hasil, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas. Tugas penelitian ini akan melatih keterampilan berpikir ilmiah, komunikasi, kerjasama, dan tanggung jawab siswa.
2. Terdapat sesi tanya jawab atau berdiskusi saat pembelajaran
Contoh nyata pelibatan peserta didik dalam pembelajaran aktif yang kedua adalah dengan menyediakan sesi tanya jawab atau berdiskusi saat pembelajaran. Sesi ini bisa dilakukan sebelum, selama, atau sesudah penyampaian materi oleh guru.
Dengan adanya sesi tanya jawab atau berdiskusi, siswa akan terlibat secara aktif dalam mengajukan pertanyaan, memberikan tanggapan, menyampaikan pendapat, atau memberikan saran terkait materi pelajaran. Sesi ini akan melatih keterampilan berpikir kritis, mendengar, berbicara, dan menghargai perbedaan pendapat siswa.
3. Siswa harus mampu menerangkan suatu pelajaran atau materi yang telah disampaikan
Contoh nyata pelibatan peserta didik dalam pembelajaran aktif yang ketiga adalah dengan meminta siswa untuk menerangkan suatu pelajaran atau materi yang telah disampaikan oleh guru. Hal ini bisa dilakukan dengan cara peer teaching, yaitu siswa mengajar temannya; atau reciprocal teaching, yaitu siswa bergantian mengajar dan belajar.
Dengan melakukan hal ini, siswa akan terlibat secara aktif dalam memahami materi pelajaran secara mendalam, menyusun rangkuman materi pelajaran, dan menyampaikan materi pelajaran dengan cara yang mudah dimengerti oleh temannya. Hal ini akan melatih keterampilan belajar mandiri, menulis, mengajar, dan memberi umpan balik siswa.
Demikianlah tiga contoh nyata pelibatan peserta didik dalam pembelajaran aktif. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menerapkan strategi pembelajaran aktif di kelas. Selamat mencoba!